BACPACKER KE KOTA GUDEG - BAGIAN 1

ini Ami teman dekat gue
Kali ini gue mau share tentang pengalaman gue ke Yogyakarta, entah mengapa ini tempat favorit banget buat liburan, tahun 2019 lalu gua 2x liburan kesini. Jadi, karena faktor penat dengan rutinitas kantor. Gue dan salah satu teman sebaya hahaha memutuskan ngambil cuti dan ngerencanain liburan. Tapi kali ini bukan sekedar rencana, ketemu ngomongin tiket kereta terus langsung pesan, ngomongin hotel langsung pesan wkwkwwk kayanya memang butuh banget refreshing. Sekitar bulan Juli 2019 gua dan Rachmi akhirnya bergegas menuju kota pelajar tersebut.

Nggak lupa kita berdua siapin rundown perjalanan, perjalanan ala backpacker pun dimulai.

Rabu, 10 Juli 2019
Pulang kantor, gua dan Rachmi janjian di daerah Pancoran untuk berangkat ke Stasiun Pasar Senen. Kita pilih kereta malam sekitar jam 22:30 dan perkiraan sampain dilempuyangan sekitar pukul 06:30 pagi. Sengaja pilih perjalanan malam hari, supaya bisa istirahat dikereta dan pas sampe Jogja langsung bisa mulai travelling. Banyak loh yang khawatir sama kita, karena kita bener-bener pergi cuma berdua. Sebenernya awalnya gue jg takut dan rancu,karena biasanya gue pergi nggak pernah berdua, tapi Rachmi pede-pede aja karena dia memang udah sering travelling ya tapi pengalaman backpacker berduaan baru kali ini juga.

Kamis, 11 Juli 2019
Pagi itu sekitar jam 08:00, kita menuju hotel didaerah Sosrowijayan. Disana banyak hotel buat backpacker. Hotel kita per/night sekitar 200.000-250.000, gue sengaja nggak sebutin nama hotelnya karena disana banyak pilihan tergantung selera kalian. Dengan harga segitu, gue dan Ami udah dapet hotel AC dan kamar mandi didalam.

Oke pagi itu kita telepon hotelnya, apakah sudah bisa check ini? karena jujur aja kita belum mandi dan nggak mungkin mulai travelling kusam, kumel, kucel, nanti hasil postingan Instagram kita jelek dong, kan itu tujuan utama kita kesini. Setelah nelpon salah satu staff hotel, mereka bilang belum bisa early check in karena masih full, tetapi staff tersebut ngizinin kita untuk titip barang-barang dan dibolehin pakai kamar mandi dulu. Haha ya lumayanlah bisa cuci muka sama ganti baju. Gua berduapun, sigap banget buat dandaaaan, ya itu nomor satu yang penting hasil jepretan kita bagus. Mana tau orang kita nggak mandi doooong.

CANDI PRAMBANAN & CANDI RATU BOKO
09:30 - Kamis, 11 Juli 2019
Setelah tampil cantik kek raisa sm isyana, kita berdua langsung menuju halte transjogja Malioboro, tujuan pertama kita adalah ke Candi Prambanan. Alesan kita kesana, selain karena dekat dari kota Jogja Ami belum pernah kesana juga. Naik Transjogja ke Prambanan ternyata cukup memakan waktu yang lumayan juga. Jarak Malioboro-Prambanan kita tempuh kurang lebih sekitar 1 jam. Jadi kita tiba disana sekitar pukul 10:30.
salah satu foto di area taman candi ratu boko

Waktu sampai, kita sempet diskusi dulu cuma mau singgah diPrambanan aja atau beli tiket terus ke beberapa Candi. Ami bilang buat sekalian beli tiket terusan aja, karena ada shuttle bus nya jadi sebagai backpacker yg cuma modal kendaraan umum tentunya sangat menguntungkan kita. Kita pilih tiket terusan Candi Prambanan-Candi Ratu Boko, sebenarnya ada pilihan lain, tetapi kita tertarik aja sama view Candi Ratu Boko.

Setelah bayar diloket masuk, gue sama Ami langsung digeledah haha, nggak deh nggak digeledah cuma diperiksa aja, karena saat masuk ke area Candi kita dilarang bawa makanan. Tujuannya buat menjaga kebersihan disana mungkin, jadi segala jenis makanan harus ditinggal diloket masuk, tapi nanti bisa diambil lagi kok tenang aja, kita dikasih karcis untuk ngambilnya.

Kita disarankan masuk sedikit untuk menuju ke tempat shuttle bus nya, jadi kita ke Candi Ratu Boko dulu, setelah itu baru menjelajah Candi Prambanan. Setelah nunggu sekitar 10menit, akhirnya antrian kita dipanggil buat langsung menuju Candi Ratu Boko dan gue baru tau kalau jaraknya lumayan jauh juga. Jadi worth it banget buat kalian yg ada rencana jalan-jalan ke kota Jogja dan mengunjungi Candi Prambanan buat beli tiket terusan ini. Oiya, harga tiket terusan ini sekitar 70.000 perorang. Perjalanan menghabiskan waktu sekitar 30menit, tapi tracknya naik turun.

Dan setelah 30 menit, akhirnya sampailah kita di Situs Candi Ratu Boko, buat sampai ke Candi Ratu Boko kita harus sedikit nanjak sekitar 10 menit dan selama naik keatas kita bisa liat pemandangan disekitarnya yg cantik, ada pula spot foto yang disediakan bagi para wisatawan. Nggak perlu takut kehausan atau kelaparan, disekitaran area Candi ada penjual makanan dan minuman.

Salah satu foto diarea taman Candi Ratu Boko
Karena pertama kali kesini, jadi ngasih kesan tersendiri. Bagus bgt buat spot foto, situs Candi Ratu Boko sangar terawat. Pas gue kesana lagi ada beberapa perbaikan diarea taman sekitar Candi. Pas gue kesini kebetulan lagi musim panas, sebenernya kalau lihat digoogle atau instagram ini tempat hijau bgt, kalau gak lagi musim panas, ya tapi apa boleh buat. Justru pemandangannya makin exotis, foto disini lu berasa lagi ada di Afrika.

Kita kembali menuju Candi Prambanan, lokasi Candi Prambanan cukup luas. Jadi, kalo kalian kesini pilih sepatu yang buat kalian nyaman karena area Candi bisa dilalui hanya dengan jalan kaki. Walaupun disekitarnya disediakan bus & sepeda untuk wisatawan.

Menurut gue ini salah satu Candi tercantik yang pernah gua liat, entah kenapa dari beberapa candi terkenal yang ada di Jogja, ini candi favorit gue. Disini banyak spot foto indah, tapi harus pinter-pinter pilih waktu liburan. Liburan gue dan Ami barengan sama liburan anak sekolah, jadi kebayang betapa penuhnya lokasi wisata ini. Gue dan Ami nikmatin keindahan Candi Prambanan dengan berkeliling area Candi selama kurang lebih 1jam. Sebenarnya masih mau lama-lama, tapi berhubung waktu liburan kita cm 3hari jadi harus kita manfaatkan sebaik mungkin. Kelar puas foto di 2lokasi di kota Jogja, kami melanjutkan perjlanan ke tempat selanjutnya...Malioborooooo yeeaaay.